Jumat, 31 Januari 2014

Contoh ruang lingkup dalam karya tulis

Contoh ruang lingkup dalam karya tulis yang berjudul pengaruh pergaulan terhadap perilaku siswa adalah sebagai berikut :
1.2    Ruang Lingkup
Sesuai dengan judul Karya Tulis, Pengaruh Pergaulan Terhadap perilaku Siswa SMP Negeri 20 Malang. Maka yang menjadi ruang lingkup penulisan karya tulis ini adalah sebagai berikut :
                 Pergaulan adalah interaksi antar individu dalam mengenal lingkungan sosialnya, bisa bersifat luas yakni pergaulan dengan banyak orang atau sering bergaul dengan orang lain. Pergaulan yang sehat ialah pergaulan yang mengarah kepada pembentukan yang sesuai dengan nilai dan norma sosial, kesusilaan dan kesopanan yang berlaku.
                 Etika pergaulan adalah sopan santun atau tata krama dalam pergaulan yang sesuai dengan situasi dan keadaan serta tidak melanggar norma-norma yang berlaku baik norma agama, kesopanan, adat, hokum dan lain- lain.
                 Dunia bergaul identik dengan dunia remaja pada umumnya. Sering kita dengar istilah “kuper” atau kurang pergaulan. Remaja dianggap kuper apabila remaja tersebut kurang  atau bahkan kemungkinan sekali tidak pernah bergaul. Setidaknya kita bergaul dengan teman-teman sebaya, di sekolah maupun diluar sekolah.Sehingga jika kita tidak  bergaul akan ditertawakan karena ketinggalan berita.
                 Dalam bergaul, sebaiknya kita juga sebaiknya pandai menempatkan diri dan dapat membedakan bagaimana sikap kita terhadap orang yang lebih tua dan yang lebih muda.Orang yang lebih tua atau yang dituakan harus kita hormati, yang sebaya harus dihargai dan yang lebih muda harus kita sayangi.

                 Pengaruh dari pergaulan ada dua, yaitu perngaruh positif dan negatif    pengaruh positif dari pergaulan adalah, Lebih mengenal nilai-nilai norma yang berlaku dalam masyarakat, lebih mengenal kapribadian masing-masing orang, mampu menyesuaikan diri dalam berinteraksi dengan banyak orang sehingga mempu meningkatkan percaya diri, mampu membentuk kepribadian yang baik yang dapat diterima di berbagai lapisan masyarakat. Dan dampak negatif dari pergaulan adalah hilangnya semangat belajar dan cenderung untuk berbuat hal yang negatif, seramnya masa depan akibat dari pergaulan yang salah dan dijauhi masyarakat.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar